Kompetensi 3.1.
Kompetensi 3.1. Mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berorientasi pada murid.
INDIKATOR
- Memfasilitasi keikutsertaan warga sekolah dalam penyusunan visi dan misi sekolah serta programnya.
- Menumbuhkan budaya belajar warga sekolah yang berorientasi pada murid untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
- Mengomunikasikan visi dan misi sekolah dengan menggunakan basis bukti dan data melalui berbagai media.
- Memberi kesempatan pada warga sekolah untuk mencoba pendekatan baru secara interaktif dan reflektif sesuai perannya dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.
- Mengevaluasi implementasi program secara berkala untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI
- Notulen daftar hadir, Notulen, foto kegatiatan/ rekmaan virtual dalam evaluasi evaluasi penyusunan Visi misi sekolah serta program sekolah.
- Terlihat adanya budaya sekolah dalam keseharian yang telah terbentuk (Hasi wawancara dan observasi budaya belajar).
- Terpasangnya poster visi-misi sekolah di beberapa tempat di lingkungan sekolah.
- Memfasilitasi pondok baca dan atau Majalah Dinding di sekitar dalam lingkungan sekolah.
- Notulen, daftar hadir, kegiatan evaluasi penyusunan Visi misi sekolah, supervisi/pengawasan manajerial.
BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 3.1.
Kompetensi 3.2.
Kompetensi 3.2. Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.
INDIKATOR
- Menyusun program prioritas dalam merancang program yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, realistis, dan berorientasi pada murid.
- Mendapatkan sumber daya yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan untuk melaksanakan program sekolah.
- Memberdayakan sumber daya sekolah yang tersedia secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas belajar.
- Menunjukkan praktik baik pelaksanaan program sekolah yang berdampak pada murid.
- Mengarahkan warga sekolah untuk menjalankan program dengan menjelaskan keterkaitan program dengan visi dan misi sekolah.
- Memantau dan memberi umpan balik untuk memotivasi warga sekolah dalam menjalankan program yang berdampak pada murid.
- Memandu pertemuan secara berkala untuk merefleksikan dan memperbaiki pelaksanaan program sekolah agar lebih berdampak pada murid.
BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI
- Analisis kebutuhan program kerja prioritas sekolah dalam bentuk laporan PBD Rapor Pendidikan. (Dokumen Analisis Rapor Pendidikan dan Program TRB)
- Penempatan staff pimpinan sekolah yang sesuai dengan kompetensinya.
- Memfasilitasi kebutuhan dan sumber daya sekolah sesuai kemampuan dan kebutuhan prioritas. (SK Pembagian Tugas GTK, Bukti pemanfaatan dana dan srana prasarana)
- Adanya prestasi siswa baik akademik dan atau non akademik.
- Analisis kebutuhan program kerja priortas sekolah dalam bentuk laporan PBD Rapor Pendidikan.
- Umpan balik atas capaian keterlaksanaan progam kerja sekolah.
- Notulen daftar hadir, Evaluasi Ketercapaian Program Kerja Sekolah.
BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 3.2.