DvRbEvAuTfXkXjVuPuVkTuOzYvLuHpKnDvCvCxVhGbMxAzDaBgGnTrKxMvJsPqQhEnAzJgNsJsBzMlRdUqViNvMtDdRfReMoSjLrZyNaHzRcGbXySzZpAeNaZiHuPdXwJuFcSpFfVpPdWzNnGnDoIdYbItNaAmGlFbOzJyQkPlNvHlDmDhVuJkPhDvFcHmIwHdEkZt
Preloader

Telepon 031-8290473

KOMPETENSI 2

Kompetensi 2.1.


Kompetensi 2.1. Memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid.


INDIKATOR

  1. Mengembangkan dan merawat lingkungan sekolah yang nyaman dan aman bagi warga sekolah.
  2. Mengembangkan komunikasi dan interaksi warga sekolah yang saling percaya dan peduli.
  3. Memfasilitasi masukan dan aspirasi murid dalam penyusunan kebijakan pegembangan lingkungan belajar dan pelaksanaan praktik belajar.
  4. Memastikan guru melibatkan murid dalam membangun lingkungan belajar.

BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI

  1. Lingkungan sekolah yang bersih, tertata rapih, aman dan nyaman. (Program Adiwiyata, Sekolah Sehat, Sekolah Ramah Anak, dll),
  2. Rapat Koordinasi Guru dan Tendik, orang tua serta Komite sekolah secara periodik. (Undangan, Notulen, daftar Hadir, Dokumen kegiatan)
  3. Rapat Koordinasi Guru dan Tendik serta Komite sekolah secara periodik. (Angket kepuasan mutu, tracer study, dan media umpan balik)
  4. Pengawasan dan Evaluasi kegiatan guru dan tendik secara periodik (RPP/Modul Ajar, Hasil Supervisi)

BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 2.1.

  1. KLIK BUKTI DUKUNG 1
  2. KLIK BUKTI DUKUNG 2
  3. KLIK BUKTI DUKUNG 3
  4. KLIK BUKTI DUKUNG 4

Kompetensi 2.2.


Kompetensi 2.2. Memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid.


INDIKATOR

  1. Memimpin pertemuan guru untuk merencanakan proses belajar yang berpusat pada murid.
  2. Memberi umpan balik terhadap perencanaan dan pelaksanaan proses belajar sebagai dasar bagi guru melakukan perbaikan.
  3. Menunjukkan praktik pembelajaran yang berpusat pada murid sebagai teladan bagi guru.
  4. Menyediakan dukungan agar guru fokus dalam melaksanakan proses belajar yang berpusat pada murid.

BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI

  1. Daftar hadir dan notulen Rapat secara periodik dengan guru dan tendik. (Bukti Fisik kegiatan awal supervisi)
  2. Adanya reward dan atau punishment (teguran) bagi guru yang berprilaku baik dan negatif. (Catatan uman balik hasil supervisi)
  3. Supervisi Akademik Guru melalui model pelaksanaan pembelajaran (Dokumentasi praktik baik kepala sekolah sebagai guru model).
  4. Memfasilitasi sekolah dengan melengkapi sarana dan prasarana sesuai kemampuan sekolah.

BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 2.2.

  1. KLIK BUKTI DUKUNG 1
  2. KLIK BUKTI DUKUNG 2
  3. KLIK BUKTI DUKUNG 3
  4. KLIK BUKTI DUKUNG 4

Kompetensi 2.3.


Kompetensi 2.3. Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid.


INDIKATOR

  1. Mengoordinasi pengumpulan dan pengolahan data terkait proses dan hasil belajar murid.
  2. Mengoordinasi evaluasi praktik pembelajaran berdasarkan data terkait proses dan hasil belajar murid.
  3. Memimpin pertemuan refleksi secara berkala untuk perbaikan kualitas proses belajar.
  4. Membimbing guru untuk melakukan perbaikan kualitas proses belajar berdasarkan hasil dari refleksi.

BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI

  1. Adanya Admin / operator sekolah khusus. (Kumpulan Niai, Analisis hasil ulangan, analisis soal, program remedia dan pengayaan, buku nilai, Buku leger, bu rapor).
  2. Adanya Admin / operator sekolah khusus (Rekapitulasi hasil supervisi).
  3. Rapat koordinasi secara periodik khusus terkait hasil belajar siswa  (Undangan, daftar hadir, dokumen kegiatan hasil refleksi pembelajaran).
  4. Rekapitulasi hasil Supervisi (Bukti tindak lanjut supervise).

BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 2.3.

  1. KLIK BUKTI DUKUNG 1
  2. KLIK BUKTI DUKUNG 2
  3. KLIK BUKTI DUKUNG 3
  4. KLIK BUKTI DUKUNG 4

Kompetensi 2.4.


Kompetensi 2.4. Melibatkan orang tua/wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.


INDIKATOR

  1. Mendukung guru untuk memahami kebutuhan dan karakteristik orang tua/wali murid.
  2. Menginisiasi komunikasi dan interaksi dengan orang tua/wali murid.
  3. Menyediakan dukungan kepada guru agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang tua/wali murid.
  4. Menyediakan kesempatan terbuka bagi orang tua/wali murid untuk menyampaikan pendapat.
  5. Menyediakan kesempatan bagi orang tua/wali murid untuk berperan sebagai pendamping dan sumber belajar.
  6. Mendorong orang tua/wali murid untuk menggunakan kesempatan sebagai pendamping dan sumber belajar.

BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI

  1. Memfasilitasi kebutuhan guru dan wali murid.
  2. Notulen daftar hadir Rapat koordinasi dengan Komite sekolah secara berkala.
  3. Adanya waktu dan fasilitas dialog dengan komite sekolah dan wali murid.
  4. Adanya waktu dan fasilitas dialog dengan komite sekolah dan wali murid terkait sumber belajar (Dokumentasi kegiatan)
  5. Memberi kesempatan dan memfasilitasi komite sekolah dan wali murid terkait pengadaan dan pemanfaatan sumber belajar.

BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 2.4.

  1. KLIK BUKTI DUKUNG 1
  2. KLIK BUKTI DUKUNG 2
  3. KLIK BUKTI DUKUNG 3
  4. KLIK BUKTI DUKUNG 4
  5. KLIK BUKTI DUKUNG 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Lebih Lanjut Silakan Hubungi 031-8290473