DvRbEvAuTfXkXjVuPuVkTuOzYvLuHpKnDvCvCxVhGbMxAzDaBgGnTrKxMvJsPqQhEnAzJgNsJsBzMlRdUqViNvMtDdRfReMoSjLrZyNaHzRcGbXySzZpAeNaZiHuPdXwJuFcSpFfVpPdWzNnGnDoIdYbItNaAmGlFbOzJyQkPlNvHlDmDhVuJkPhDvFcHmIwHdEkZt
Preloader

Telepon 031-8290473

Cara Mudah Belajar Kimia (Oleh Dewi Nurmalasari, M.Pd.)

Menjelang UN siswa SMA biasanya galau dengan pilihan mata pelajaran peminatan. Sekarang yang menjadi masalahnya bingung terhadap potensi dirinya sendiri. Tidak sedikit lho siswa yang tidak tahu potensi dirinya. Mintalah bantuan konselor atau guru BK yang ada di sekolah. Kimia termasuk mata pelajaran peminatan salah satu option yang harus dipilih oleh siswa.

Kali ini saya tidak akan membahas matapelajaran pilihan UN tapi saya ingin membahas bagaimana jika siswa suka dengan pelajaran kimia ingin memilih matpel kimia namun sulit untuk memahaminya. Mumpung masih ada beberapa waktu ùntuk menyiapkan diri berikut ini ada cara mudah belajar kimia.

  1. Buatlah persiapan belajar. Misalnya besuk ada matpel kimia maka sore atau pagi bacalah sekilas saja sehinga ada modal awal untuk siap mengikuti pelajaran di kelas.
  2. Belajar kimia tidaklah sulit jika tahu bagaimana caranya. Kata sebagian orang kimia itu momok bagi siswa. Sebagian ada yang mengatakan kimia itu mengasyikan. Pada prinsipnya agar mudah harus menguasai konsep, teori, aturan, hukum, penerapan yang semuanya sangat berkaitan satu sama lain berdasarkan data dan fakta. Waduuh kok banyak banget yang harus dikuasi. Jangan khawatir agar belajar kimia menjadi mudah sebelum mempelajari topik tertentu penuhi dahulu prasyaratnya. Misalnya jika akan mempelajari materi ikatan kimia maka harus paham tentang konfigurasi elektron. Contoh kedua jika ingin belajar tentang stoikiometri maka pahami dulu hukum dasar kimia dst. Kalau siswa tidak tahu prasyaratnya tanyakan pada guru. Memang prasyarat biasanya tidak ditulis dalam buku pelajaran. Tapi ada dalam catatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru.
  3. Kenali sifat materi pelajaran sedetil mungkin. Seperti mengnali sahabat kita. Tahu nama lengkapnya dan hafal dengan ciri-cirinya serta paham sifatnya. Misalnya materi hidrokarbon lebih banyak mengandalkan kemampuan memori tidak ada hitung-hitungan yang berarti. Jika ada definisi usahakan hafal. Kalau hafal akan lebih mudah untuk menghubungkan antar definisi tadi. Contoh kedua misalnya materi koligatif larutan ada rumus yang harus dihafalkan maka hafalkan. Jika rumusnya saja tidak hafal kan ya sulit untuk bisa mengerjakan. Cara menghafalnya bisa dengan cara dibaca berulang atau ditulis berulang, atau rekam suara kemudian dengarkan berulang. Pilih yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing
  4. Menggali informasi yang banyak bisa dari buku atau dari internet. Bacalah pada pokok bahasan yang ingin dipelajari hingga benar-benar paham. Sesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang biasanya ditulis di halaman depan dibawah judul. Fokus! 😊
  5. Jangan menambah bacaan jika belum paham banget. Bacalah sesuai tujuan pembelajaran sampai beneran paham di luar kepala.
  6. Bertanyalah jika masih menemui kesulitan. Bertanya pada teman sejawat atau pada guru. Biasanya semakin banyak tanya itu artinya banyak tahu namun tidak bisa merangkai menjadi sesuatu yang bermakna. Kalau siswa diam belum tentu dia paham bisa jadi diamnya karena tidak tahu sama sekali. Hehe.
  7. Bacalah berulang-ulang. Pengulangan pemahaman itu akan lebih baik untuk melekatkan kemampuan memori. Semakin sering frekuensi mengingat semakin mudah direcall jika diperlukan.
  8. Jika merasa telah paham. Ujilah pemahaman Anda. Bagai mana caranya? Kerjakan soal sebanyak-banyaknya. Setelah itu carilah jawaban yang benar dari sumber literatur yang terpercaya. Jika sudah benar uji kepahamannya, boleh kemudian ditambah bacaannya. Proses mencari jawaban yang benar melalui membaca litereratur akan menambah daya ingat. Hindari mencontoh jawaban teman. Karena tidak ada proses berfikir disana. Selesai nulis atau mencontoh selesai tidak ada sisanya dalam memori.
  9. Buat catatan penting. Kemampuan mengingat seseorang kadarnya beda-beda. Karena siswa punya kuajiban belajar untuk semua mata pelajaran maka perlu bantuan catatan penting. Pada saat membuat catatan beri warna beda atau digaris bawah untuk hal-hal yang wajib ain tuk dipahami. Catatan penting ini dapat dibuat dengan mengunakan konsep map atau dapat dibuat secara narasi, suka-suka saja mana yang cocok.
  10. Perbanyak latihan. Soal berbagai macam sumber dan berbagai tipe silahkan dicoba. Jika merasa sulit berikan tanda untuk ditanyakan ke guru atau dibahas bersama teman.
  11. Istiqomah/ajeg. Belajar yang rutin itu sangat membantu meringankan beban berpikir. Jadikan belajar sebuah kebutuhan bukan kuajiban. Tanamkan maindset bahwa kimia itu mudah. Maka otak akan merekam mudah.

Itulah beberapa tip untuk belajar kimia agar menjadi mudah Semoga dapat membantu siswa yang suka kimia namun sulit memahami kimia. Persiapkan diri lebih dini untuk mencapai prestasi. Dew!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Lebih Lanjut Silakan Hubungi 031-8290473