Preloader

Telepon 031-8290473

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Gudep 27.043 – 27.044 Pangkalan SMAN 15 Surabaya

Sebagaimana kita ketahui bersama Pramuka adalah salah satu organisasi yang memiliki peran besar terhadap perkembangan kepemudaan di Indonesia. Pramuka selalu mendidik para anggotanya untuk mandiri dan memberikan sumbangsih untuk kemajuan bangsa. Nilai-nilai positif juga diajarkan di dalam semua kegiatannya. Demi mencapai tujuan-tujuan tersebut, Pangkalan Ambalan Soekarno – Fatmawati SMAN 15 Surabaya menyelenggarakan kegiatan untuk menyambut kedatangan anggota-anggota ambalan baru yang berasal dari kelas X sebanyak 396 siswa.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan di lapangan basket. Terdengar salah satu kakak senior memberitahukan bahwa acara dimulai sepuluh menit lagi. Nampak para anggota bersiap-siap menuju lapangan, merapikan baju dan perlengkapan, dan berbaris rapi. Meskipun terik matahari masih terasa menembus kulit, mereka tetap mengikuti kegiatan perkemahan Jumat – Sabtu (Perjusa) ini dengan suka cita.

Di samping lapangan sebelah utara berdiri dua buah tenda besar berwarna biru dan merah. Di depan berjejer rapi Bapak dan Ibu Guru wali kelas dan kakak pembina. Upacara pembukaan PTA dipimpin oleh Ferdiansyah Putra Pratama, siswa kelas XII MIPA-2. Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Zaenal Arifin, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMAN 15 Surabaya.

Di dalam arahannya, Zaenal menyampaikan bahwa kegiatan penerimaan tamu ambalan ini bertujuan untuk melihat bakat, karya, serta menjadi wadah untuk melihat potensi setiap individu. Diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan kader-kader yang dapat berguna bagi nusa dan bangsa khususnya ketika terjun langsung di masyarakat.

Selanjutnya para anggota mengucapkan Sandi Ambalan Soekarno – Fatmawati dengan saksama sambil mengepalkan tangan kanan menyilang di dada. Dari kejauhan nampak beberapa kakak senior bergegas mempersiapkan konsumsi makan siang berupa nasi kotak dan sebotol air mineral. Di halaman depan, lapangan bola voli, mereka menata beberapa bangku, kayu untuk api unggun, dan perlengkapan lainnya.

Faizin, M.Pd.I., Pembina Gugus Depan, di tempat terpisah menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan. Dari waktu ke waktu selalu ada perbaikan setelah merefleksi kegiatan yang telah terlaksana. Semua ditujukan demi kesuksesan dan kelancaran kegiatan PTA ini. Para anggota terbagi dalam 60 sangga. Masing-masing sangga terdiri dari tujuh hingga delapan anggota.

Jadwal kegiatan PTA ini, mulai dari registrasi peserta hingga pembagian hadiah dan sayonara, disusun dengan saksama dengan memperhitungkan banyak hal. Diharapkan semua kegiatan bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar hingga akhir. Faizin yang merupakan guru pendidikan agama Islam ini menuturkan bahwa kegiatan dua hari ini merupakan kerjasama semua pihak yang telah dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya.

Kegiatan selanjutnya yaitu games yang dilaksanakan di tiga tempat; lapangan basket, lapangan voli, dan aula. Ada beberapa games yang diselenggarakan; Sabang Sampai Merauke, Piramida Batu, dan lain-lain. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan nilai kedisiplinan, kerjasama tim, suka cita, dan kecintaan terhadap kepramukaan.

Hari mulai gelap dan acara yang ditunggu-tunggu, api unggun dan pentas seni. Di area lapangan bola voli depan gedung sekolah yang sangat luas, para peserta berdiri membentuk lingkaran mengikuti acara demi acara dengan suka cita dengan didampingi seluruh kakak senior dan Bapak/Ibu guru; Sri Wibowo, Wayan, Andik, Muhtadi Billah, Umi S., Sekunda, Yeti S., Rani, Robiatul, dan lain-lain. Mereka semua larut dalam suasana suka cita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Lebih Lanjut Silakan Hubungi 031-8290473